Mesin Cuci Mendengung tak Berputar

  



Tentang Kurikulum 2013 KLIK DI SINI


Saya akan menceritakan pengalaman tentang Cara Memperbaiki Mesin Cuci  mendengung tidak berputar. Seumur-umur belum pernah saya punya mesin cuci, makanya soal mesin cuci yang mendengung tapi tidak berputar ini ya katrok beneran, lha rumahnya dekat kali yang airnya melimpah makanya nggak pernah kepingin punya mesin cuci, tapi sebagai penggemar utak-atik alat teknik ada aja keberuntungannya, kok ya ada orang yang nyuruh saya ngotak-atik mesin cucinya yang rusak. Bagi saya tentu saja pantang bilang tidak bisa, adalah kehormatan dikasih kesempatan seperti itu.
mesin cuci 2 tabung

Dalam sehari ada 2 orang yang minta tolong agar saya ke rumahnya memperbaiki mesin cuci yang mendengung tetapi tidak mau berputar , kerusakannya kedengarannya sama, tidak muter tapi mendengung, yang satu merk Sharp, dan yang satunya Sanyo. Keduanya model 2 tabung (bagian cuci dan pengering sendiri-sendiri).

wiring diagram mesin cuci

Karena masalah mesin cuci  saya masih gaptek ya sebelum datang ke rumahnya saya main dulu ke tempat mbakyu-mbakyu mantan PRT (pembantu rumah tangga). Saya tanya-tanya belajar cara menggunakan mesin cuci, kan mereka sudah pengalaman di tempat Bossnya dulu. ...Tentu saja saya ditertawakan, mosok ada tukang servis kok ngoperasikan mesin cuci aja belum bisa, tapi biar aja, memang katrok, tapi lihat saja nanti hasilnya..... hahaha... Setelah agak mudeng saya lalu buka internet, ketemu mBah Google cari ilmunya servis mesin cuci.

Sampai di tempat terus ngecek keadaannya. Yang merk Sharp bagian pengeringnya yang tidak mau berputar, kalau dihidupkan pengeringnya cuma mendengung saja. Sedang yang merk Sanyo yang gak mau berputar bagian pencucinya, gejalanya sama, jika dihidupkan bagian pencucinya tidak mau berputar tapi mendengung.
skema mesin cuci

kapasitor mesin cuci
Dan ternyata cara mengatasi mesin cuci tidak mau berputar mudah saja, keduanya sama-sama minta ganti kapasitor. Untuk mengatasinya, pertama perhatikan skemanya dulu di belakang mesin cuci, lalu buka tutup belakang, alat yang diperlukan cuma obeng dan tang, perhatikan kabel-kabelnya, ambil kapasitornya dengan melepas sambungan kabelnya, lalu diganti kapasitor baru, penggantian kapasitor mungkin saja jadi merubah warna kabel, dan tentu saja sempurnakan servis dengan bersih-bersih, mumpung dibuka ya dibersihkan, kencangkan jika ada yang kendor, ditest, lalu ditutup lagi. Selesai. alhamdulillah.... walau katrok tapi sukses memuaskan pelanggan dan dapat duit hehe....

O...ya, kapasitor ini ada 4 kabelnya karena isinya ada 2 kapasitor dalam satu kemasan, biasanya ada keterangan di badannya, misalnya 10uF dan 5uF, yang besar untuk motor pencuci, yang kecil untuk motor pengering. Dan tentang harga kapasitornya..... Di toko elektronik terdekat saya berkisar 18rb - 25rb tergantung merk.

Demikian cara memperbaiki mesin cuci yang mendengung tetapi tidak mau berputar. Semoga bermanfaat`




Info   Trik Terbaru Binary 2015 DI SINI    (Klik Iklannya   ya ...)

bisa dilihat di video ini ...

No comments

Note: only a member of this blog may post a comment.