Cara Mudah Membuat Video Capture Layar Monitor Menggunakan Camtasia Studio 7


Anda sering mengunjungi Youtube? Pernah terpikir untuk membuat video tutorial seperti yang ada di Youtube? Kini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah ataupun di kantor dengan bantuan Camtasia Studio. 3 langkah mudah yang ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu Record, Edit dan Share. Anda bisa dengan mudahnya merekam aktivitas di layar monitor Anda, mengeditnya dan share ke Youtube.
Nah, kali ini kita akan belajar untuk meng-capture video sederhana dan menjadikannya file berformat *.mp4, yang mana hasilnya nanti bisa kita upload kembali ke Youtube. Sebenarnya Camtasia Studio tidak hanya dipakai untuk membuat file *.mp4 saja, Anda juga bisa mengekspornya ke ekstensi lainnya seperti *.avi, *.mpeg ataupun membuat animasi gambar berekstensi *.gif. Yuk kita simak lebih lanjut.

Dalam percobaan ini kita menggunakan Camtasia Studio 7, pastikan aplikasi ini sudah terinstalasi di komputer Anda untuk menjalankan langkah berikutnya. Bukalah aplikasi Camtasia Studio 7 di komputer Anda, maka untuk pertama kalinya akan tampil seperti ini.
Untuk mulai merekam tampilan layar monitor Anda, klik Record the screen, maka akan tampil tools untuk merekam layar monitor Anda.
Terdapat beberapa bagian penting pada tools ini yaitu Select Area yang mana menentukan apakah kita ingin merekam satu layar penuh atau sebagian layar saja, kita juga bisa mengatur dimensi capture video yang ingin kita rekam. Untuk contoh kali ini kita hanya mengcapture sebagian layar saja dengan resolusi 640 x 360 px.
Recorded Inputs memberikan kita pilihan apakah kita ingin mengaktifkan webcam, mengaktifkan audio dari komputer kita saat itu atau tidak ketika proses perekaman, serta pengaturan volume suara. Di samping itu kita bisa melihat ada tombol REC, yang mana tombol inilah yang akan kita gunakan untuk mulai merekam video. Silahkan diklik tombol tersebut.
Jika tombol REC diklik, maka proses perekaman pun akan dimulai, akan ada hitungan mundur sebelum proses berlangsung. Jika sudah mulai, bagian Duration akan menunjukkan detik dan menit dari video yang kita ambil. Ada 3 tombol utama di bagian ini yaitu Delete (untuk menghapus video yang salah ambil), Pause dan Stop. Jika sudah puas merekam, silahkan klik Stop.
Selanjutnya video hasil rekaman kita akan ditampikan pada jendela preview, terdapat 3 pilihan di sini yaitu Save and Edit, Produce dan Delete. Untuk proses pembuatan video instan, maka kita akan menggunakan fitur Produce yang mana dalam contoh ini asumsinya video yang kita buat sudah bagus, sehingga tidak perlu proses pengeditan lebih lanjut.
Maka akan terbuka jendela untuk menyimpan materi video awal tersebut. Simpan sesuai dengan nama yang Anda inginkan. Jika sudah disimpan, kita akan memproduksi materi video awal ini menjadi video yang akan kita share di Youtube. Jendela Production Wizard pun akan terbuka secara otomatis.
Dari jendela di atas kita bisa bebas memilih format video apa yang akan kita jadikan outputnya nanti. Untuk Youtube, kita akan memilih Web sebagai format videonya. Klik Next untuk memulai memproduksi output video baru.
Di bagian ini Anda diberi pilihan ingin menaruh file di folder mana. Tentukan foldernya dan klik Finish. Selanjutnya proses rendering video pun akan dimulai, tunggulah beberapa menit sampai selesai.
Jika sudah selesai, maka akan terbuka jendela notifikasi status rendering video Anda. Berikut hasil video yang telah diproduksi akan tampil di browser Anda langsung.
Untuk mengupload file hasil produksi Camtasia Studio ini, carilah folder tujuan yang telah Anda tentukan sebelumnya, karena file video output ada di sana. Jika sudah ketemu maka akan tampil seperti ini. Pilih file dengan format *.mp4, *.avi, *.mpeg atau sejenisnya untuk diupload dan dishare di Youtube.
Link Software:

No comments

Note: only a member of this blog may post a comment.