Mengatasi masalah User Profile Cannot be Loaded pada PC / Laptop

Ketika mengetikkan password user profile saya lalu menekan enter tiba-tiba muncul kalimat, "The User Profile Service service failed to the logon. User profile cannot be loaded."  Otomatis  tidak bisa berkutik dengan laptop , walaupun bisa masuk sebagai guest tapi tetap tidak bisa apa-apa karena perizinannya terbatas.  
Masalah tersebut merupakan permasalahan umum yang sering ditemui oleh pengguna komputer. Penyebab dari masalah tersebut bermacam-macam, mulai dari komputer yang terjangkit virus, file-file yang korup, hingga tidak sengaja ada file penting mengenai akun profil anda yang terhapus. Jika tidak segera ditangani Anda bisa stress merasakannya karena Anda tidak bisa melakukan apa-apa dengan komputer Anda.
SOLUSINYA ........
Berikut tutorial singkatnya:
  1. Masuk ke Windows Safe Mode dengan cara menekan F8 berkali-kali pada komputer setelah komputer booting (sebelum logo Windows muncul).
  2. Login ke desktop Anda dengan akun profil administrator, melalui Windows Safe Mode login ke desktop tidak akan terjadi masalah seperti di atas.
  3. Setelah muncul desktop, buka menu Start lalu pilih run, atau Anda bisa mengaksesnya secara cepat dengan mengetikkan Windows+R.
  4. Ketikkan 'regedit' pada jendela Run tersebut lalu pilih OK, jika diminta User Account Control maka pilih saja Yes.
  5. Pada jendela Registry Editor bukalah : HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows NT > Current Version > ProfileList.
  6. Pada panel sebelah kiri, carilah folder 'S-1-5 ....' dengan nomor panjang yang memiliki ekstensi .bakpada akhir nomor tersebut.
  7. Pastikan di dalam folder tersebut ada ProfileImagePath yang memuat akun profil Anda, bila ada langsung saja ubah nama (rename) ekstensi folder tersebut menjadi .igun atau terserah Anda.
  8. Pada panel sebelah kiri, carilah folder 'S-1-5 ....' dengan nomor panjang yang tidak memiliki ekstensi tapi nomornya sama dengan folder yang telah diganti ekstensinya tersebut.
  9. Tambahkan ekstensi pada folder yang tidak berekstensi tersebut dengan ekstensi .bak lalu pada folder yang berekstensi .igun, hapus saja ekstensi tersebut sehingga folder menjadi tidak berekstensi.
  10. Tutup jendela Registry Editor lalu restart komputer.
  11. Masuk pada Windows normal (bukan safe mode), Insyaallah Anda bisa login dengan profil Anda seperti biasanya.
Semoga tutorial ini bisa membantu Anda yang tidak bisa login dengan profil Anda dan mengatasi masalah "The User Profile Service service failed to the logon. User profile cannot be loaded." pada Windows.


Original post on

No comments

Note: only a member of this blog may post a comment.